Update News

Monday, October 15

Apakah itu SEO (Search Engine Optimization)?


Apakah itu SEO (Search Engine Optimization)?
Apakah itu SEO (Search Engine Optimization)? Secara umum dapat diartikan sebagai suatu usaha atau tindakan yang dilakukan secara terorganisir yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja suatu site / blog untuk meningkatkan traffic pengunjung melalui search engine dengan memanfaatkan mekanisme kerja (robot spider) mesin pencari (search engine).

Sedangkan tujuan utama dari SEO itu sendiri adalah untuk menempatkan sebuah website / blog merada pada posisi teratas ataupun halaman utama mesin pencari. Dengan demikian otomatis akan mendapatkan jumlah traffic pengunjung yang lebih besar.

Defenisi dari Optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (sumber : Wikipedia Indonesia).

Seiring dengan pesatnya perkembangan  pemanfaatan jaringan internet sebagai media Informasi dan bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan maupun pribadi yang memiliki basis usaha di internet.

Mesin pencari (Search Engine) merupakan pintu masuk utama di internet, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo, Bing, dan mesin pencari lain.

Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan yang besar bagi pemasaran via internet:
  • Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
  • Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.

Secara umum berdasarkan penerapannya SEO dapat dikategorikan atas 2 bagian yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage yang dapat diartikan sebagai berikut :

SEO Onpage diartikan sebagai suatu usaha atau tindakan optimasi site / blog dari dalam yaitu dengan melakukan perubahan atau modifikasi terhadap template. 

Sedangkan SEO Offpage yaitu suatu usaha optimasi site / blog dari luar yaitu melalui bantuan pihak lain.

Untuk lebih detilnya tentang SEO Onpage dan SEO Offpage akan kita bahas pada postingan berikutnya. Sekian dulu artikel saya ini tentang  Apakah itu SEO (Search Engine Optimization), kiranya dapat bermanfaat.

Salam Blogger..!

0 comments:

Post a Comment

Thanks for visiting my site. Please leave your message or comment here :