Update News

Wednesday, October 10

Cara Membuat Blog Yang Benar dan Baik



Cara Membuat Blog Yang Benar dan Baik

Bagaimana cara membuat blog yang benar dan baik?. Ini pertanyaan yang sangat sering kita dengar. Banyak orang memulai blognya dengan cara yang keliru dan pada akhirnya tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. 



Membuat blog cantik adalah perkara kecil, karena hanya dalam 1-2 bulan belajar saja pengetahuan seperti ini bisa dikuasai. Tapi membuat blog yang benar-benar bisa mendatangkan pengunjung adalah perkara yang lain. 

Banyak yang berhenti di tengah jalan karena tidak mampu memahami caranya. Bahkan ada yang sampai bertahun-tahun blognya tak mendapatkan pengunjung yang sesuai keinginan. 

Jadi untuk memulai membangun sebuah blog yang baik dan benar marilah kita coba ikuti langkah-langkah berikut ini : 



1. Pilih Tema Blog Yang Dikuasai (Title-Description) 

Pemilihan Tema (Title) maupun SubTema (Description) yang baik pasti akan sangat disukai orang. Jadi pastikan bahwa judul maupun keterangan blog anda mempunyai relevansi atau saling berkaitan terutama dengan isi blog. Sehingga para pengunjung akan dengan mudah mengindikasikan atau mengkategorikan blog anda. 

Saya sering sekali menemukan blog-blog yang kurang bermutu, dikarenakan antara Title – Description – Posting sama sekali tidak berkaitan. Hal ini sudah pasti membuat pengunjung akan kecewa dan akan segera menutup blognya, dengan sendirinya Search Engine yang merekomendasikan blog kita itupun akan melihat itu sebagai indikator rendahnya kualitas isi blog tersebut.

Kesalahan yang umum terjadi adalah Blogger pemula hendak memulai sebuah blog baru dengan topik yang dirasanya paling menguntungkan dan mahal (motivasinya mencari duit) padahal dia tidak menguasai topik itu, tidak juga menguasai SEO dan hal-hal lain yang diperlukan. Maka jadilah blognya seperti anak bayi yang memasuki arena gladiator, tewas sebelum sempat menangis. 

2. Posting artikel yang bermutu 

Setelah menemukan menciptakan sebuah blog baru anda sesuai tulisan di atas, maka mulai membuat tulisan yang bermutu dan berkualitas, baik itu sekedar informasi maupun kutipan tulisan. 

Usahakan membuat tulisan yang oringinal sebisa mungkin, dan jika itu merupakan kutipan dari web lain buatlah catatan kecil bahwa itu dikutip dari salah satu web, jangan asal main copas aja (copy-paste). 

Usahakan juga untuk tetap mengupdate atau memperbaharui artikel anda minimal 3 kali seminggu, agar senantiasa blog itu tetap kelihatan segar dan tentu ini akan membuat search engine seperti google akan tetap memantau blog tersebut. 

3. Pilihanlah Domain Gratisan atau Berbayar? 

Hal berikutnya yang perlu dipikirkan adalah membuat blog gratisan atau yang berbayar? Kenapa ini menjadi kriteria membuat blog yang baik?. Banyak kasus membuktikan bahwa domain berbayar lebih mudah menguasai kata kunci maupun lebih cepat terindex oleh search engine dibandingkan domain blog gratisan seperti blogger. Kenapa demikian? Bagaimanapun juga setiap search engine pasti mengutamakan single domain yang pendek dan premium bukan subdomain, ini sudah merupakan hakekat bisnis. 

Tetapi anda jangan kecewa dulu akan hal tersebut, karena dengan domain gratisan bisa juga lho bersaing dengan domain berbayar, dengan syarat anda menguasai teknik SEO (Search Engine Optimization). 

Jika anda memilih domain berbayar sebaiknya berhati-hatilah memilih nama domain dan usahakan melakukan riset sebelum menentukan nama yang layak untuk anda pakai. Karena nama domain yang baik mampu mendongkrak posisi blog anda di search engine. 

Sebagai informasi buat saudara yang baru memulai kegiatan blogging, biaya domain premium sekarang sudah cukup murah kisaran Rp.100.000/tahun untuk domain internasional seperti .com, .net dsb. 

4. Lakukanlah SEO (Search Engine Optimization) 

Semua blogger tentu pernah mendengar kata SEO, tiga buah huruf hasil singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa kita yaitu : Optimasi Mesin Pencari. SEO wajib dilakukan baik itu web berbayar maupun yg gratisan.

Teknik SEO adalah hal utama yang harus dilakukan jika ingin merajai di hasil pencarian Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain. Yang tentu akan mendatangkan traffic yang baik buat blog. 

Secara umum SEO dibagi menjadi dua jenis yaitu SEO On Page yang bisa diartikan sebagai teknik SEO dari dalam blog itu sendiri yaitu berupa optimasi template, posting, layout, dll. Yang kedua yaitu SEO Off Page yang bisa diartikan sebagai teknik SEO yang penerapannya dari luar blog itu atau bisa dikatakan melibatkan pihak lain/luar. Contohnya adalah adanya backlink yaitu link yang ada di blog lain yang mengarah ke blog kita seperti: submit Blog ke Webmaster Tools, submit artikel ke Web Directory dan lain sebagainya. 

5. Mulailah membuat sebuah blog 

Ok, sekarang anda sudah siap memulai membuat blog baru ? 
Ayo langsung aja meluncur ke TKP….. Blogger

0 comments:

Post a Comment

Thanks for visiting my site. Please leave your message or comment here :