Update News

Saturday, October 20

Mempromosikan Blog Melalui Situr Jejaring Sosial (Social Network)

Cara mempromosikan blog di situs jejaring sosial
Mempromosikan suatu blog atau site merupakan upaya untuk meningkatkan traffic visitor (pengunjung). Hal ini merupakan salah satu langkah yang cukup efektif dalam meningkatkan traffic maupun page rank blog.

Dalam mempromosikan site / blog ada dua upaya yang bisa dilakukan yaitu melalui memakai jasa advertiser yang biasanya ini adalah berbayar seperti layaknya mempromosikan blog melalui iklan yang tayang. Dan cara kedua yaitu dengan berpromosi kepadaa teman atau rekan yang menjadi pengikut atau member dalam situs jejaring sosial anda.


Pada postingan kali ini kita hanya membahas tentang promosi blog yang sifatnya gratis alias tanpa bayaran. Adapun langkah-langkah yang bisa anda lakukan dalam mempromosikan blog di jejaring sosial sebagai berikut :

1. Promosikan blog anda di Facebook 

Mempromosikan blog di facebook

Tips untuk mempromosikan blog anda dengan efektif di facebook adalah dengan 
Carilah teman sebanyak-banyaknya, dan utamakan teman yg juga satu hobi dengan anda  teman dari grup-grup facebook yang ada kaitannya dengan tema blog anda. 

Daftarlah pada grup atau komunitas blog yang ada di facebook, kemudian mulailah berinteraksi dengan teman-teman tersebut sambil mempromosikan blog anda.

Langkah selanjutnya adalaha buatlah link khusus dari blog ke facebook, jadi apabila anda melakukan posting artikel maka otomatis artikel tersebut juga akan muncul di facebook dan ini akan mempermudah anda dalam promosi blog. Tampilkan juga artikel-artikel blog anda pada grup-grup komunitas pemilik blog.

Ajaklah teman-teman anda untuk saling berkunjung ke masing-masing blog sambil -berdiskusi tentang upaya peningkatan blog anda.

2. Promosikan blog anda  di Twitter

Mempromosikan blog di twitter

Twitter juga tak kalah pentingnya saat ini sebagai salah satu situs jejaring sosial tempat untuk mempromosikan segala hal terutama buat akun twitter yang telah memiliki follower yang banyak.

Hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum berpromosi di twitter adalah bahwa anda harus mempunyai follower yang banyak. Tantangan terbesar dari Twitter adalah bagaimana anda bisa mendapatkan follower yang banyak. 

Buatlah tautan link blog anda ke twitter, sehingga setiap anda melakukan postingan artikel baru maka otomatis akan terbit juga di akun twitter anda sama seperti facebook di atas tadi.
Dalam berpromosi di twitter ada istilah “follow me and I will follow u” yang artinya “ikuti aku dan akupun akan mengikutimu”. 

3. Berpromosi di Forum


Ada banyak forum di dunia maya. Jika blog anda adalah blog bertema khusus, maka anda bisa mencari forum dengan topik yang sejenis dan menawarkan artikel anda. Cara seperti ini hanya membawa sedikit pengunjung per topik, jadi anda harus aktif di banyak topik.

Tips khusus bagi blog yang menawarkan produk atau jasa tertentu:
Kalau blog anda hendak menawarkan produk tertentu, maka anda bisa masuk ke dalam forum dan memposting sebuah artikel tentang produk anda. Bahkan, jika anda mau anda bisa memasang banyak backlink ke halaman forum tersebut.

Memasang backlink ke halaman forum sebuah website yang sudah sangat berumur dan mempunyai PR tinggi bisa jadi jauh lebih mudah dan lebih aman daripada mencari backlink untuk blog anda yang masih seumur jagung. Bisa jadi halaman forum itu terindeks untuk peringkat yang lebih tinggi hanya dengan 100 link, sedangkan blog anda jauh di bawah walaupun linknya ada 300.

4. Promosikan Blog Dengan Blogwalking


Blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog-blog yang memasang chat box. Jika anda mengandalkan blogwalking, maka gunakanlah satu bulan pertama anda untuk mengoleksi alamat-alamat blog yang mempunyai chat box yang ramai. Bagaimana caranya mengetahui chat box blog itu ramai? Mudah saja, tinggal lihat tanggal komentar pada chat box tersebut. Kalau pada hari itu ada banyak komentar artinya blog itu ramai.

Usahakan dalam sebulan anda mengantongi 100 chat box ramai. Jika masing-masing blog menyumbang 2-3 pengunjung ke blog anda, maka itu berarti tambahan 200-300 pengunjung.

5. Promosikan blog anda di situs social bookmark


Ada banyak sekali social bookmark saat ini. Perhatikan daftar di bawah ini...

Buatlah akun pada masing-masing situs di atas jika diperlukan, buatlah artikel baru pada blog yang hendak dipromosikan. Pastikan artikel baru anda sudah terindeks oleh Google. Caranya, masuk ke Google ketiksite : url  (contoh : http://blogsaya.blogspot.com/2012/08/ contoh-artikel.html) lalu tekan enter untuk mencari apakah blog sudah terindeks.

Jika blog anda sudah terindeks, silahkan masuk satu per satu ke akun anda di situs social bookmark di atas dan posting artikel baru anda. Postingan anda pada situs-situs social bookmark di atas bisa jadi terindeks lebih baik dari pada blog anda. Jadi jika situs social bookmark ini mendapat pengunjung dari Google, mereka akan mengarahkannya ke blog anda. 

Sekian dulu postingan kali ini tentang Cara Mempromosikan Blog Melalui Situr Jejaring Sosial (Social Network), mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sobat blogger.

Salam blogger..!

0 comments:

Post a Comment

Thanks for visiting my site. Please leave your message or comment here :